Kamis, 31 Mei 2012

Sistem Pemerintahan Indonesia


Secara teori, berdasarkan UUD 1945, Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensiil. Namun dalam prakteknya banyak bagian-bagian dari sistem pemerintahan parlementer yang masuk ke dalam sistem pemerintahan di Indonesia. Sehingga secara singkat bisa dikatakan bahwa sistem pemerintahan yang berjalan i Indonesia adalah sistem pemerintahan yang merupakan gabungan atau perpaduan antara sistem pemerintahan presidensiil dengan sistem pemerintahan parlementer.

Apalagi bila dirunut dari sejarahnya, Indonesia mengalami beberapa kali perubahan sistem pemerintahan. Indonesia pernah menganut sistem kabinet parlementer pada tahun 1945 - 1949. kemudian pada rentang waktu tahun 1949 - 1950, Indonesia menganut sistem pemerintahan parlementer yang semu. Pada tahun 1950 - 1959, Indonesia masih menganut sistem pemerintahan parlementer dengan demokrasi liberal yang masih bersifat semu. Sedangkan pada tahun 1959 - 1966, Indonesia menganut sistem pemerintahan secara demokrasi terpimpin.

Perubahan dalam sistem pemerintahan tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Karena terjadi perbedaan pelaksanaan sistem pemerintahan menurut UUD 1945 sebelum UUD 1945 diamandemen  dan setelah terjadi amandemen UUD 1945 pada tahun 1999 - 2002. Berikut ini adalah perbedaan sistem pemerintahan sebelum terjadi amandemen dan setelah terjadi amandemen pada UUD 1945 :
# Sebelum terjadi amandemen :
  • MPR menerima kekuasaan tertinggi dari rakyat
  • Presiden sebagai kepala penyelenggara pemerintahan
  • DPR berperan sebagai pembuat Undang - Undang
  • BPK berperan sebagai badan pengaudit keuangan
  • DPA berfungsi sebagai pemberi saran/pertimbangan kepada presiden / pemerintahan
  • MA berperan sebagai lembaga pengadilan dan penguki aturan yang diterbitkan pemerintah.

# Setelah terjadi amandemen :
  • Kekuasaan legislatif lebih dominan
  • Presiden tidak dapat membubarkan DPR
  • Rakyat memilih secara langsung presiden dan wakil presiden
  • MPR tidak berperan sebagai lembaga tertinggi lagi
  • Anggota MPR terdiri dari seluruh anggota DPR ditambah anggota DPD yang dipilih secar langsung oleh rakyat
  •  
Dalam sistem pemerintahaan presidensiil yang dianut di Indonesia, pengaruh rakyat terhadap kebijaksanaan politik kurang menjadi perhatian. Selain itu, pengawasan rakyat terhadap pemerintahan juga kura begitu berpengaruh karena pada dasarnya terjadi kecenderungan terlalu kuatnya otoritas dan konsentrasi kekuasaan yang ada di tangan presiden. Selain itu, terlalu sering terjadi pergantian pejabat di kabinet karena presiden mempunyai hak prerogatif untuk melakukan itu.
Sistem pemerintahan indonesia. Makalah sistem pemerintahan indonesia. Sistem pemerintahan. Pemerintahan indonesia. Sistem pemerintahan di indonesia. Struktur pemerintahan indonesia. Pemerintahan.
Sistem pemerintahan yang pernah berlaku di indonesia. Bagan sistem pemerintahan indonesia. Pemerintahan parlementer. Makalah pemerintahan. Makalah sistem politik indonesia. Sistem parlementer di indonesia. Perbandingan sistem pemerintahan indonesia dengan inggris.
Makalah tentang sistem pemerintahan indonesia. Pelaksanaan sistem pemerintahan di indonesia. Contoh makalah sistem pemerintahan. Makalah tentang sistem pemerintahan. Pemerintahan di indonesia. Perbedaan sistem pemerintahan indonesia dengan amerika serikat. Sistem pemerintahan presidensial di indonesia.
Pelaksanaan sistem politik di indonesia. Sistem pemerintahan ri. Sistem pemerintahan yang pernah ada di indonesia. Contoh sistem pemerintahan. Makalah sistem parlementer. Artikel sistem pemerintahan indonesia. Sejarah sistem pemerintahan indonesia.
Sistem pemerintahan yang berlaku di indonesia. Artikel sistem pemerintahan di indonesia. Sistem pemerintahan yang dianut indonesia. Penerapan sistem pemerintahan parlementer di indonesia tahun 1950 1959. Perbedaan sistem pemerintahan indonesia dan amerika serikat. Bagan pemerintahan indonesia. Perbedaan sistem pemerintahan indonesia dengan inggris.
Susunan pemerintahan indonesia. Sejarah pemerintahan indonesia. Sistem pemerintahan presidensial indonesia. Bagan sistem pemerintahan. Perbedaan sistem pemerintahan indonesia dengan brazil. Pelaksanaan sistem pemerintahan indonesia. Sejarah pelaksanaan sistem pemerintahan di indonesia.
Skema pemerintahan di indonesia. Sistim pemerintahan indonesia. Sistem politik dan pemerintahan indonesia. Bagan struktur pemerintahan indonesia. Politik pemerintahan. Makalah tentang pemerintahan. Sistem politik di indonesia.
Parlementer semu. Demokrasi yang pernah berlaku di indonesia. Perbandingan sistem pemerintahan indonesia dengan amerika. Sistem demokrasi yang pernah berlaku di indonesia. Perbandingan sistem pemerintahan indonesia dan amerika. Pengaruh amandemen uud 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi. Struktur pemerintahan di indonesia.
Penerapan sistem presidensial di indonesia. Pelaksanaan sistem pemerintahan. Sistem presidensial di indonesia. Sistem pemerintah indonesia. Gambar sistem pemerintahan. Sistem parlementer indonesia. Sistem pemerintahan yang ada di indonesia.
Contoh makalah sistem pemerintahan di indonesia. Sistem pemerintahan indonesia tahun 1945 1949. Perbedaan sistem pemerintahan indonesia dengan negara lain. Pelaksanaan sistem presidensial di indonesia. Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan indonesia dengan negara lain. Bagan struktur pemerintahan negara indonesia. Pelaksanaan pemerintahan di indonesia.
Sistem pemerintahan indonesia tahun 1959 1966. Makalah tentang sistem pemerintahan parlementer. Sistem pemerintahan demokrasi terpimpin. Skema pemerintahan indonesia. Sistem pemerintahan 1945 1949. Pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di indonesia. Kabinet yang pernah ada di indonesia.
Contoh makalah sistem politik di indonesia. Hukum pemerintahan. Penerapan sistem presidensial di indonesia pasca amandemen uud 1945. Sistem pemerintahan indonesia adalah. Pelaksanaan sistem pemerintahan presidensial di indonesia. Perbedaan sistem pemerintahan indonesia. Artikel sistem pemerintahan.
Perbedaan sistem pemerintahan parlementer dengan presidensial. Politik pemerintahan indonesia. Struktur pemerintahan ri. Sistem pemerintahan yang pernah dianut indonesia. Contoh makalah tentang sistem pemerintahan. Sistem politik yang dianut indonesia. Perbandingan sistem pemerintahan.
Makalah pelaksanaan sistem pemerintahan di indonesia. Contoh makalah sistem politik indonesia. Makalah tentang sistem politik indonesia. Sistem pemerintahan parlementer indonesia. Struktur sistem pemerintahan indonesia. Skema sistem pemerintahan perancis. Artikel tentang sistem pemerintahan di indonesia.
Sejarah sistem pemerintahan di indonesia. Sistem pemerintahan indonesia tahun 1949 1950.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar