Kamis, 31 Mei 2012

Sistem Pemerintahan Presidensiil


Sistem pemerintahan presidensiil adalah sebuah sistem pemerintahaan yang kepala negara serta kepala pemerintahaannya ada di tangan presiden. Pada sistem pemerintahan presidensiil ini, badan eksekutif dan badan legislatif mempunyai kedudukan yang independen dan dipilih oleh rakyat secara terpisah. Sehingga presiden tidak mempunyai hak dalam kaitannya dengan badan legeslatif maupun badan eksekutif. Presiden akan mengangkat para menteri untuk membantu presiden dalam menjalankan sistem pemerintahan karena Presiden memegang kekuasaan sebagai kepala penyelenggara negara.

Dalam sistem pemerintahan presidensiil, Presiden tidak berada di bawah pengawasan langsung parlemen karena parlemen berfungsi sebagai lembaga perwakilan dan parlemen mempunyai kekuasaan legislatif sehingga Presiden tidak bisa membubarkan parlemen seperti yang terjadi pada sistem pemerintahan parlementer. Selain itu, presiden juga tidak memberikan laporan pertanggungjawabannya kepada parlemen.

Kelebihan yang ada pada sistem pemerintahan presidensiil adalah sebagai berikut :
  • Karena tidak tergantung pada parlemen, kedudukan badan eksekutif bisa lebih stabil.
  • Dengan adanya pembatasan masa jabatan, maka masa jabatan badan eksekutif jadi lebih jelas sehingga penyusunan program kerja kabinet bisa dengan mudah disesuaikan denagn jangka waktu masa jabatannya.
  • Karena jabatan-jabatan di badan eksekutif bisa diisi dari orang diluar badan legislatif, maka badan legislatif tidak berperan sebagai tempat untuk kaderisasi.

Adapun kekurangan dari sistem pemerintahan presidensiil ini adalah :
  • Karena presiden tidak bertanggung jawab pada badan legislatif, maka sistem pertanggungjawabannya menjadi tidak jelas
  • Bisa menciptakan sebuah kekuasaan yang mutlak karena kekuasaan eksekutif berada di luar pengawasan langsung legislatif.
  • Pada umumnya pada sistem pemerintahan presidensiil, keputusan diambil dalam jangka waktu yang lama dan sifatnya tdak tegas karena merupakan hasil tawar menawar antara eksekutif dengan legislatif.
Pencarian Terbaru (100)
Makalah sistem pemerintahan cina. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan presidensial. Sistem pemerintahan presidensial di brazil. Sistem pemerintahan soekarno. Kelebihan sistem pemerintahan inggris. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan indonesia. Sistem pemerintahan parlementer di swiss.
Sistem pemerintahan presidensial negara brazil. Makalah sistem pemerintahan rrc. Kelebihan sistem presidensial. Kelebihan sistem pemerintahan presidensial. Sistem presidensial di brazil. Makalah sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Kelemahan dan kelebihan sistem pemerintahan presidensial.
Presidensiil. Kelemahan dan kelebihan sistem pemerintahan indonesia. Makalah sistem pemerintahan china. Kelebihan sistem pemerintahan parlementer. Sistem pemerintahan presidensial china. Sistem pemerintahan presidensial swiss. Kelemahan presidensial.
Pemerintah presidensial. Sistem presidensial negara brazil. Kekurangan sistem pemerintahan presidensial. Kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan indonesia. Presiden. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan parlementer. Kelemahan sistem pemerintahan presidensial.
Kelemahan dan kelebihan sistem presidensial. Kelebihan sistem parlementer. Kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Kelebihan sistem pemerintahan indonesia. Kelebihan sistem pemerintahan amerika serikat. Kelebihan dan kekurangan sistem presidensial. Kelebihan sistem pemerintahan perancis.
Kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan presidensial. Sistem pemerintahan presidensial amerika serikat. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan inggris. Kelemahan dan kelebihan sistem pemerintahan di indonesia. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan amerika serikat. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan perancis. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan soekarno.
Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan. Sistem presidensial di cina. Lembaga legislatif inggris. Presidensial amerika serikat. Pemerintahan presidensial amerika serikat. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Kekurangan sistem pemerintahan di indonesia.
Kelebihan dan kekurangan masa pemerintahan soekarno. Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan amerika. Sistem pemerintahan yang ada di cina. Kelebihan dan kelemahan sistem presidensial. Kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan parlementer. Makalah sistem pemerintahan prancis. Lembaga negara brazil.
Kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan di indonesia. Kelebihan dan kekurangan negara swiss. Sistem parlemen cina. Sistem pemerintahan pada umumnya. Sistem presidensial legislatif tidak bisa menjadi eksekutif. Cara mengatasi kekurangan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer dan presidensial. Kelemahan sistem presidensial.
Kekurangan pemerintahan soekarno. Kekurangan sistem pemerintahan amerika serikat. Kelebihan dan kekurangan pemerintahan presidensial dan parlementer. Kelebihan masa pemerintahan soekarno. Kekurangan dan kelebihan sistem pemerintahan presidensial. Sistem presidensial brasil. Masa pemerintahan brazil.
Kelebihan presidensial. Sistem pemerintahan presidensial di swiss. Kelebihan sistem pemerintahan china. Kekurangan sistem pemerintahan indonesia. Makalah sistem pemerintahan negara swiss. Sistem pemerintahan parlementer di brazil. Makalah sistem pemerintahan negara prancis.
Makalah sistem pemerintahan swiss. Kelebihan dan kekurangan pemerintahan soekarno. Kelemahan lembaga legislatif. Sistem parlemen di cina. Makalah sistem pemerintah presidensial. Kelemahan sistem pemerintahanpolitik. Lembaga legislatif.
Sistem pemerintahan badan eksekutif. Kelebihan sistem pemerintahan brazil. Kelebihan dan kekurangan sistem parlementer. Kelebihan amerika. Kelebihan sistem pemerintahan swiss. Makalah sistem presidensial amerika serikat. Kekurangan sistem pemerintahan cina.
Makalah tentang pemerintah presidensial cina dan brazil. Kelemahan sistem parlementer. Sistem pemerintahan presidensial cina. Kekurangan dan kelebihan sistem pemerintahan amerika serikat. Kelebihan sistem pemerintahan di indonesia. Kelemahan negara swiss. Sistem presidensial malaysia.
Kelebihan dan kelemahan presidensial. Contoh makalah parlementer presidensial.

1 komentar:

  1. cara mengatasi kelemahan dari sistem pemerintahan presidensial..!

    BalasHapus