Selasa, 13 Desember 2011

Muammar Gaddafi

Muammar GaddafiDari Wikipedia, ensiklopedia bebas"Gaddafi" beralih ke halaman ini. Untuk orang lain bernama Khadafi, lihat Gaddafi (nama).Muammar Gaddafiمعمر القذافي

Gaddafi pada pertemuan puncak Uni Afrika pada tahun 2009.Persaudaraan dan Panduan Pemimpin Revolusi LibyaDi kantor2 Maret 1977 - 23 Agustus 2011PresidenLihat daftar [tampilkan]Perdana menteriLihat daftar [tampilkan]Didahului oleh Posisi didirikanDigantikan oleh Posisi dihapuskanKetua Komando Dewan Revolusi LibyaDi kantor1 September 1969 - 2 Maret 1977Perdana Menteri Mahmud Sulaiman al-MaghribiAbdessalam JalloudAbdul Ati al-ObeidiDidahului oleh Idris (Raja)Digantikan oleh sendiri (Sekretaris Jenderal Kongres Rakyat Umum)Sekretaris Jenderal Kongres Rakyat Umum LibyaDi kantor2 Maret 1977 - 2 Maret 1979Perdana Menteri Abdul Ati al-ObeidiDidahului oleh sendiri (Ketua Dewan Komando Revolusi)Digantikan oleh Abdul Ati al-ObeidiPerdana Menteri LibyaDi kantor16 Januari 1970 - 16 Juli 1972Didahului oleh Mahmud Sulaiman al-MaghribiDigantikan oleh Abdessalam JalloudKetua Uni AfrikaDi kantor2 Februari 2009 - 31 Januari 2010Didahului oleh Jakaya KikweteDigantikan oleh Bingu wa MutharikaPribadi rincianLahir Juni 1942 Sirte, Libya Italia(Sekarang Libya)Meninggal 20 Oktober 2011 (umur 69)Sirte atau antara Sirte dan Misrata, LibyaPartai politik Arab Sosialis Uni (1971-1977)Pasangan (s) Fatihah al-Nuri (1969-1970)Shafiyyah el-Brasai (1971-2011)Anak-anakSons [tampilkan]Putri [tampilkan]Alma mater Universitas Akademi Militer BenghaziAgama Islam SunniTanda tanganLayanan militerKerajaan kesetiaan Libya Libya (1961-1969)Libya Libya Republik Arab (1969-1977)Libya Libya Arab Jamahiriya (1977-2011)Layanan / cabang Angkatan Darat LibyaTahun layanan 1961-2011Peringkat KolonelPerintah Angkatan Bersenjata LibyaPertempuran / perang Perang Libya-MesirChad-Libya KonflikUganda-Tanzania Perang2011 perang sipil LibyaPenghargaan Bintang Orde YugoslaviaUrutan Harapan
Muammar Muhammad Abu Minyar Gaddafi (Arab: معمر القذافي Mu ʿ ammar al-Qaddafi Tentang ini audio yang terdengar (bantuan · Info); [variasi] (Juni 1942 - 20 Oktober 2011), umum dikenal sebagai Muammar Gaddafi bermain / moʊ.əmɑr ɡədɑ fi ː / atau Kolonel Gaddafi, adalah penguasa resmi Republik Arab Libya 1969-1977 dan kemudian "Pemimpin Bruder" dari Jamahiriya Arab Libya 1977-2011.
Gaddafi merebut kekuasaan dalam kudeta militer tak berdarah pada tahun 1969 dan menjabat sebagai kepala negara negara hingga 1977, ketika dia melangkah turun dari peran eksekutif resminya sebagai Ketua Komando Dewan Revolusi Libya, dan mengklaim selanjutnya menjadi hanya tokoh simbolis. Para kritikus telah lama menggambarkan dia sebagai telah otokrat Libya atau demagog, meskipun penolakan negara Libya dari dia memegang kekuasaan apapun . Pada 2011, Libya Arab Jamahiriya ia mendirikan negara digulingkan dalam perang sipil yang terdiri dari pemberontakan dibantu dengan intervensi NATO. 41-tahun kepemimpinannya sebelum pemberontakan membuatnya pemimpin non-raja keempat terlama sejak tahun 1900, serta pemimpin terlama Arab. Dia beragam gaya dirinya sebagai "Pemimpin Saudara" dan "Panduan dari Revolusi ", pada tahun 2008 sebuah pertemuan penguasa tradisional Afrika menganugerahinya gelar" Raja segala raja ".
Setelah merebut kekuasaan pada 1969, ia menghapuskan Konstitusi Libya tahun 1951. Dia mendirikan hukum berdasarkan ideologi politik dia telah dirumuskan, yang disebut Teori Internasional Ketiga dan diterbitkan dalam Kitab Hijau. Setelah mendirikan Jamahiriya ("negara rakyat") sistem pada tahun 1977, ia resmi mundur dari kekuasaan dan sejak saat itu memegang peran simbolis dalam struktur pemerintahan resmi negara . harga minyak Rising dan ekstraksi di Libya menyebabkan pendapatan meningkat. Dengan mengekspor minyak lebih banyak per kapita sebagai Arab Saudi dan melalui berbagai program-program kesejahteraan, Libya mencapai standar hidup tertinggi di Afrika, meskipun tidak setinggi beberapa sama kaya minyak negara-negara Teluk,Libya tetap bebas utang. Pada tahun 1980, ia memperoleh senjata kimia, menyebabkan PBB menyebut Libya Gaddafi di bawah sebuah negara paria dan negara-negara di seluruh dunia menerapkan sanksi . Enam hari setelah penangkapan mantan Presiden Irak Saddam Hussein pada tahun 2003 oleh tentara Amerika Serikat, Gaddafi meninggalkan senjata Tripoli pemusnah massal (WMD) program dan menyambut inspeksi internasional untuk memastikan bahwa ia akan menindaklanjuti komitmen. Seorang pengacara terkemuka untuk United negara Afrika, ia menjabat sebagai Ketua Uni Afrika (AU) dari 2 Februari 2009 31 Januari 2010.
Pada bulan Februari 2011, berikut revolusi di Mesir dan Tunisia tetangga, protes terhadap pemerintahan Gaddafi dimulai. Ini meningkat menjadi pemberontakan yang menyebar di seluruh negeri, dengan kekuatan lawan Gaddafi membentuk pemerintahan yang berbasis di Benghazi bernama Dewan Transisi Nasional (NTC). Hal ini menyebabkan perang sipil 2011 Libya, yang termasuk intervensi militer oleh koalisi pimpinan-NATO untuk menegakkan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1973 menyerukan zona larangan terbang-dan perlindungan warga sipil di Libya. Aset Gaddafi dan keluarganya dibekukan, dan keduanya Interpol dan Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan pada tanggal 27 Juni untuk Gaddafi, anaknya Saif al-Islam, dan saudara ipar Abdullah Senussi, kejahatan terhadap kemanusiaan tentang.Gaddafi dan pasukannya kehilangan Pertempuran Tripoli pada bulan Agustus dan pada 16 September 2011 NTC duduk Libya di PBB, menggantikan Gaddafi . Dia mempertahankan kontrol atas bagian dari Libya., terutama kota Sirte, yang hal itu diduga bahwa ia telah melarikan diri . Meskipun pasukan Gaddafi awalnya diadakan di pertempuran untuk Sirte terhadap serangan pemboman NATO dan kemajuan NTC itu, Gaddafi ditangkap hidup-hidup di Sirte oleh anggota. Tentara Pembebasan Nasional Libya setelah konvoi kendaraannya diserang oleh pesawat tempur NATO sebagai Sirte jatuh pada tanggal 20 Oktober 2011. Gaddafi kemudian dipukuli dan dibunuh oleh pejuang NLA.  


video :

refrensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Muammar_Gaddafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar